14 July 2021

Lomba balap burung merpati

Pada sore hari saya dan ayah melihat lomba burung merpati. Lokasi lomba ini di area persawahan yang dekat dengan rumah di arah barat. Jaraknya kira-kira 800 m. 

Setelah memarkir motor tidak jauh dari orang-orang yang berkumpul, saya melihat ada beberapa orang berdiri di atas cor-coran yang berada di selokan. Cor-coran ini berukuran 2 kali 3 meter yang diperuntukkan bagi pemilik burung merpati betina, memegang burung merpati itu dan menggerakkan ke atas  ke bawah. Sayap burung merpati betina mengepak-ngepak dan burung merpati jantan dari arah seberang sawah meluncur ke pasangannya.
Balapan burung merpati_Arundaya Sairendra



Beberapa kali saya pernah jalan kaki ke area sawah ini, pas sabtu atau minggu pagi. Ternyata cor-coran yang ada di atas selokan ini sawah itu dibuat khusus untuk area adu balap burung merpati.

Dua atau tiga orang bergantian membawa burung merpati jantan ke seberang sawah di arah utara. Mereka memasukkan ke sangkar burung yang terbuat dari bambu berbentuk kotak yang diberi tali sehingga menyerupai tas punggung. Ada yang membawanya memnggunakan motor. Ada pula yang membawanya dengan menyusuri pematang sawah.

Setelah sampai di seberang sawah bagian utara, dua atau 3 orang yang membawa burung merpati jantan melepaskan burung merpati tersebut bersamaan. Saat yang sama, orang yang memegang burung merpati betina menggerakkan burung merpati betina ke atas dan ke bawah sehingga sayapnya mengepak.


Balapan burung merpati di kartasura

Oh ya ada yang unik dari sawah yang saya lihat di daerah Kartasura ini. Yakni, bentuk sawahnya sangat berbeda dari pada sawah di bondowoso. Bentuknya rata-rata kotak persegi panjang dan teratur. Persegi panjang memanjang. Kalau sawah yang di Bondowoso bentuknya gak teratur.  

Sawah di Kartasura



Pantas saja kalau saya jalan-jalan melewati sawah, banyak bangunan seperti gudang, pabrik bahkan perumahan yang bentuknya memanjang dan menjorok ke dalam persawahan. Bentuk area perumahanpun rata-rata hanya memiliki satu jalan saja.

Setelah dari tempat lomba burung merpati, saya dan ayah muter muter sambil melihat perumahan di Kartasura.

Area persawahan di Kartasura






No comments:

Post a Comment

Naik KA Sri Tanjung Dari Solo Ke Jember

Saya dan ayah pergi ke Jember mengunakan kerata api Sri tanjung. Sebelun naik kereta api Sri Tanjung saya dan ayah melakukan tes antigen . S...