03 July 2021

Jalan-jalan sore

Saya dan ayah pergi jalan-jalan sore di sekitar Kartasura dengan naik sepeda motor. Sore hari itu, kami menempuh rute yang tidak biasanya. Kali ini melalui jalur selatan ke arah Pura di selatan Markas Kopassus.  Setelah 5 menit perjalanan, sampailah ke jalan keluar di dekat Pura Kopassus.

Kalau melihat pura ini, mengingatkan pada pura-pura yang ada di Bali.   Saya tidak tahu ceritanya, kok ada pura di dekat Markas Kopassus.

Menyeberang jalan propinsi Solo Jogja, kami lantas menuju ke arah utara. Yakni ke arah tugu Kartasura.

Sebelum sampai di tugu Kartasura, ada traffic light, lalu kami belok ke kiri, masuk ke gang perkampungan.  Gang ini jalannya tidak lebar.Di ujung gang ini terdapat pabrik tahu. Ada bau cukup menyengat di sekitar pabrik tahu ini.

Oh ya, sebelumnya kami mampir dulu ke Indomart yang berada persis di seberang jalan pintu masuk Markas Kopassus Grup 2.   Di Indomart ini ada mesin pesan tiket kereta api. Saya melihat tiket kereta api Jember Surabaya.

Setelah melewati gang atau jalan itu, kami belok ke kanan, ke arah jalan yang lebih besar, namun tidak sampai ke jalan utama yakni jalan raya Solo Semarang. Ada jalan perkampungan yang posisi sejajar dengan jalan raya tersebut dan mengarah ke barat, ke arah pintu keluar tol Colomadu. Kami menyusuri jalan ini.

Ada beberapa perumahan yang saya lihat di jalan kampung ini. Ada perumahan yang memiliki pintu gerbang dengan satpan penjaga. Ada juga perumahan yang tidak memiliki satpam penjaga.

Lokasi perumahan ini sangat strategis karena dekat dengan jalan utama yakni jalan Solo-Semarang dan dekat dengan pintu masuk tol Colomadu.

Kami terus melewati jalan ini hingga ketemu persawahan dan pbarik besar. Ternyata pabrik tersebut adalah pabrik rokok. Saya tahunya pabrik rokok setelah masuk jalan raya dan melewati pintu utama pabrik tersebut.
Berada di depan  pintu keluar tol kartasura, saya melihat ambulans covid masuk ke tol Colomadu Kartasura. Ada sopir dan penumpang di depan yang mengenakan APD covid.

Kami terus naik motor ke arah barat hingga melewati perbatasan kota dan masuk ke  Boyolali.  Tidak jauh dari batas kota, kami belok ke kiri karena dari arah jalan raya kami penasaran melhat pohon randu yang besar. Kami menuju ke arah pohon randu tersebut.

Ternyata pohon randu ini berada di area pemakaman.

Karena hari makin sore,   saya balik kembali ke Kartasura melewati pintu tol lagi.  Lalu saya membeli gudeg Bu Dul di kartasura karena di rumah tidak ada lauk untuk makan malam.